Studi Kasus 1 Rekaya Kebutuhan D

 Studi Kasus 1 : Aplikasi Parkir Non Tunai

 

Deskripsi Aplikasi Parkir Non Tunai

Inovasi di bidang perparkiran terus berkembang mengikuti pesatnya laju teknologi. Salah satunya adalah menerapkan sistem cashless dalam pembayaran untuk menekan tingkat pungli (pungutan liar) dan rekap yang lebih akurat bagi pengelola parkir. Selain itu juga seiring dengan meningkatnya kasus Covid-19 maka interaksi langsung dengan orang lain harus dikurangi. 

Aplikasi Parkir Non Tunai ini akan sangat bermanfaat dimana sekarang kebanyakan orang jarang memegang uang tunai, namun kebanyakan memegang uang secara non tunai di aplikasi mobile banking serta aplikasi-aplikasi serupa lainnya. 

Aplikasi ini memiliki proses bisnis dimana seseorang yang akan masuk ke suatu tempat untuk parkir akan diberikan sebuah karcis dimana karcis tersebut merekam plat kendaraan bermotor dari seseorang tersebut.

Kemudian pada setiap slot parkir yang disediakan akan terdapat sensor yang dapat melihat apakah slot tersebut kosong atau tidak sehingga dapat memberikan informasi mengenai jumlah slot yang kosong.

Setelah itu apabila orang tersebut akan keluar maka barcode yang terdapat di kertas yang didapatkan akan di scan oleh mesin dan setelah itu bisa dilakukan pembayaran secara non tunai. Pembayaran secara non tunai bisa meliputi aplikasi Qris, Kartu E-money, dan pembayaran e-wallet lainnya. Sehingga tidak perlu bersentuhan atau membayar uang secara tunai kepada petugas. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kecepatan proses transaksi

Identifikasi User dan Stakeholder

  1. User : Masyarakat umum, Admin
  2. Stakeholder : Pemilik lahan parkir, dan penyedia jasa pembayaran misalkan Qris dan e-wallet lainnya

Kebutuhan Masing - Masing User dan Stakeholder

  1. Masyarakat Umum :
    1. Memasuki lahan parkir
    2. Melakukan pembayaran dengan cepat
    3. Melihat jumlah tempat parkir yang masih tersedia
    4. Tempat parkir yang aman
  2. Admin : 
    1. Memastikan parkiran masih cukup
    2. Membuat laporan pendapatan harian
    3. Dapat mengakses sistem apabila terjadi kendala yang diselesaikan secara langsung oleh petugas
  3. Pemilik Lahan Parkir :
    1. Membutuhkan laporan pendapatan setiap bulannya
    2. Dapat membuka record kendaraan yang masuk apabila dibutuhkan
    3. Mendapatkan statistik mengenai kendaraan yang masuk

Aspek Pendukung Aplikasi 

  1. Koneksi Internet / Local Network
  2. Database dan Server
  3. Barcode Scanner
  4. Listrik dengan Generator
  5. Kertas Karcis
  6. Kamera CCTV
  7. Kamera untuk merekam plat nomor
  8. Sensor pada slot parkir
  9. Lahan parkir



Comments

Popular posts from this blog

TUGAS 3 REKAYASA KEBUTUHAN D

Tugas 4 Rekayasa Kebutuhan D